Pages

Friday 7 November 2014

cara ampuh Mencegah Cybercrime

Cara Untuk Mencegah Cybercrime
Dunia maya seakan tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari. Karena hampir semua informasi yang kita butuhkan sudah tersedia di dunia maya. Maka bukan dunia maya yang harus kita tinggalkan namun kita harus berusaha untuk selalu waspada dalam menggunakan fasilitas di dunia maya. Kami akan mencoba memberikan beberapa cara agar kita bisa terhindar dari kejahatan di dunia maya / Cybercrime diantaranya :
1. Lindungi data anda
Data adalah aset yang sangat berharga dalam dunia teknologi informasi. Jika anda lalai maka data penting yang menyangkut diri anda bisa diambil oleh orang lain. Jangan mengumbar data pribadi anda di media sosial. Jangan mengumbar data sembarangan seperti  foto pribadi, album pribadi, nomor telfon sebab ini sangat mudah dimanfaatkan para penjahat di dunia cyber.
2. Jangan keasikan klik
Seringkali secara sadar atau tidak kita tergoda untuk mengklik link yang belum kita ketahui. Walaupun kelihatannya link yang akan kita klik adalah link yang kita tuju namun kita harus tetap waspada. Jika keasikan klik bisa nyasar ke situs yang berbahaya. Tergoda mengkilik link yang tidak dikenal bisa berakibat fatal.
3. Jangan remehkan password
Buatlah password yang kuat terdiri dari kombinasi angka huruf dan simbol kalau bisa sepanjang mungkin asal kita ingat. Tujuannya adalah agar orang tidak mudah untuk mengetahui passoword dari suatu akun atau id yang bersifat sangat pribadi seperti id internet banking.
4. Hati-hati memilih teman
Jika anda pengguna media sosial hati-hati dalam memilih teman. Karena predator di dunia maya yang mengincar generasi muda adalah ancaman yang nyata. hati-hati saat meng add atau meng approve teman. Sebaiknya kenali dulu teman yang akan anda tambahkan jika tidak kenal lebih baik tidak dijadikan teman.
5. Hindari softwaree bajakan
Kita sering menggunakan software bajakan dengan alasan untuk mengurangi  biaya pengeluaran . Namun sebenarnya menggunakan software bajakan sangat berbahaya. Jangan pernah menggunakan software bajakan karena beresiko disusupi program jahat.
6. Hati-hati saat mengunduh video
Mengunduh video dari duni maya sangat mudah, oleh karenanya banyak orang lebih memilih mengunduh video dari dunia maya dibandingkan membeli langsung. Namun mengunduh video juga bisa mengakibatkan terjadinya Cybercrime. Hati-hati dalam mengunduh video karena banyak sekali virus yang bisa bersembunyi dalam video, unduhlah video dari sumber yang terpercaya.
7. Waspada saat menggunakan jaringan wi-fi
Berjelajah dengan menggunakan wifi sangat diminati karena hampir semua layanan wifi disediakan secara free. Namun anda harus berhati-hati jika menjelajah menggunakan jaringan wifi karena jaringan wifi sangat mudah dikendalikan oleh para hacker. Jika anda menjelajah dengan menggunakan wifi jangan lupa setting firewall pada laptop atau tablet PC dan hindari transaksi finansial karena dikhawatirkan data anda akan mudah terbaca dan dicuri para hacker.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari Cybercrime, mudah-mudahan cara tersebut bisa mencegah atau paling tidak mempersulit para pelaku Cybercrime dalam melakukan kejahatannya. Yang paling penting adalah kita jangan sampai lalai ketika menggunakan pelaralatan elektronika yang terhubung dengan jaringan internet.

No comments:

Post a Comment